Selasa, 14 Agustus 2018

kebiasaan ini buat jantung menua lebih cepat

kebiasaan ini buat jantung menua lebih cepat,- Tak seperti yang dipikirkan oleh sebagian besar orang, penyakit jantung tak hanya terbatas pada orang dengan usia lanjut. Penyakit jantung kini telah mulai merambah orang-orang yang baru menginjak usia 20-an yang dipengaruhi oleh beberapa atau jenis lain dari penyakit jantung.

Beberapa kebiasaan yang bahkan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-sehari memainkan peranan penting yang menyebabkan jantung menjadi tak sehat dan rapuh (mengalami penuaan lebih cepat). Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan lima kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan jantung kamu menua lebih cepat.

Jarang bergerak (sering duduk lama)
Coba kamu buat grafik yang menunjukkan aktivitas kamu selama 24 jam. Lalu, kamu bisa melihat berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk bergerak dan tak bergerak (seperti duduk, berbaring, atau hanya menghabiskan waktu di depan televisi).

Jika waktu yang kamu habiskan lebih banyak duduk diam atau jarang bergerak (termasuk duduk lama karena bekerja), maka kamu patut waspada. Ini karena aktivitas kamu yang jarang bergerak bisa membuat jantung kamu lebih cepat tua.

Hal lain yang terkait dengan ini adalah jumlah asupan kalori yang kamu konsumsi. Kamu perlu bergerak sekitar satu jam untuk 700 kalori yang kamu asup.

Olahraga berlebihan
Tak disangkal bahwa olahraga memang baik bagi kesehatan jantung, tetapi latihan yang berlebihan dapat berakibat fatal. Membiarkan tubuh mendapatkan terlalu banyak tekanan secara bertahap dapat meningkatkan stamina.

Selain itu, kecepatan dapat menyebabkan pecahnya penyumbatan kecil di arteri atau bahkan menempatkan kamu pada risiko terserang penyakit jantung.

Mendengkur
Mendengkur dianggap sebagai faktor risiko paralel untuk penyakit jantung seperti obesitas dan diabetes. Bahkan orang-orang yang tidur dengan mendengkur rentan terhadap aterosklerosis (penebalan arteri) sehingga mengurangi pasokan darah ke otak yang juga dapat meningkatkan risiko stroke.

Merokok
Merokok juga menjadi salah satu faktor risiko yang sebabkan kamu lebih cepat tua dari masa yang seharusnya, terutama bagi jantung. Tak hanya membuatnya menua, rokok juga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Penting kamu tahu, bahwa dibutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk pulih dari bahaya rokok yang mengancam. JIka kamu memiliki tekanan darah tinggi yang dibarengi dengan merokok, maka kamu berada pada risiko yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar